Sunday, February 5, 2012

TRAINING METODOLOGI ANP (ANALYTIC NETWORK PROCESS)

PENDAHULUAN

Tantangan terbesar dalam membuat suatu penelitian adalah menentukan metodologi yang tepat untuk digunakan dalam penelitian. Seringkali para mahasiswa yang akan melakukan penelitian, terutama mereka yang berasal dari bidang ilmu bukan statistik, merasa memiliki kesulitan untuk memahami statistik/ekonometrik dalam waktu singkat, mengingat bidang ilmu statistik/ekonometrik bukanlah bidang ilmu yang mereka tekuni. Hal ini tidak jarang berdampak pada terjadinya ketidaksinkronisasi antara tujuan penelitian dan metodologi penelitian itu sendiri. Ibarat memotong kue dengan menggunakan kapak, untuk mendapatkan hasil penelitian menggunakan alat analisis yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian.

ANP (Analytic Network Process) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan yang sangat powerfull untuk diterapkan baik dalam ilmu manajamen, ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, dan bidang-bidang ilmu lainnya. Metodologi yang dikembangkan oleh Saaty ini memilih pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan perhitungan supermatriks sehingga hasil penelitian akan lebih akurat daripada metodologi sejenis lainnya. ANP adalah salah satu metodologi yang paling umum dan mudah diaplikasikan untuk studi kualitatif yang beragam, seperti pengambilan keputusan, forecasting, alokasi sumber daya, dan lain sebagainya. Penggunaan metode ini telah terbukti manfaatnya baik bagi banyak perusahaan terutama instansi-instansi perbankan termasuk Bank Indonesia (BI). 

Oleh sebab itulah SMART CONSULTING, sebuah lembaga konsultan riset yang fokus pada area Ekonomi dan Keuangan Islam akan menyelenggarakan pelatihan selama sehari terkait dengan tema metodologi ANP untuk memenuhi kebutuhan para mahasiswa sarjana dan pasca sarjana maupun para peneliti pada umumnya yang hendak menyusun penelitian ilmiah dengan menggunakan metodologi ANP.

SASARAN PESERTA

Mahasiswa Sarjana dan Pasca Sarjana (S2 dan S3) Universitas/Sekolah Tinggi se-Indonesia, Para peneliti maupun praktisi dari industri (umum). 


MATERI TRAINING METODOLOGI ANP:

1. Konsep Dasar ANP
2. Beberapa Fitur ANP
3. Perbedaan ANP dan AHP
4. Landasan ANP: Resiprokal, Homogenitas, Struktur Hierarki (AHP)
5. Prinsip Dasar: Dekomposisi, Penilaian Komparasi, Komposisi/Sintesis
6. Fungsi Utama ANP
7. Konsistensi dalam ANP
8. Bentuk-bentuk Jaringan: Holarki, Hierarki, Analisa BCR, Jaringan Umum
9. Prosedur Mendapatkan Skala Rasio
10. Supermatriks dalam ANP
11. Aplikasi AHP dan ANP
12. Tahapan Penelitian: Konstruksi Model, Kuantifikasi Model, Analisis
13. Menghitung Geometric Mean
14. Rater Agreement
15. Mengenal Super Decision
16. Mengenal Node, Cluster, Connection, etc
17. Menyusun Kuesioner ANP
18. Materi Praktik dengan Software
19. Contoh-contoh Penelitian yang Menggunakan ANP
20. Beberapa Tema Penelitian Mendatang yang Dapat Dilakukan dengan ANP
21. Diskusi dan Sharing


PROFIL TRAINER

Ascarya, Ir. MBA., M.Sc (Pakar Metodologi ANP Indonesia, Peneliti Bank Indonesia pada Pusat Pendidikan Studi Kebanksentralan/PPSK, Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Tazkia, Dosen Pasca Universitas Trisakti, Pembicara Konferensi dan Forum Nasional dan Internasional Ekonomi-Keuangan Islam, menyelesaikan Master pada Pittsburg University, USA)

Abrista Devi, MEI (Konsultan pada lembaga riset ekonomi Islam SMART Consulting, aktifis Ikatan Ahli Ekonomi Islam, Pakar Metodologi ANP, Staf Pengajar Universitas Ibnu Khaldun)


WAKTU DAN TEMPAT

Hari/ Tanggal : Sabtu / 25 Februari 2012
Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
Tempat : Aula Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA), Jl KH. Sholeh Iskandar KM 2, Bogor. 

INVESTASI:

1. Mahasiswa Rp400.000, EARLY BID pendaftaran sebelum 18 Februari, Rp300.000
2. Umum Rp 750.000, EARLY BID Rp 600.000

FASILITAS:

Makan Siang, Sertifikat Pelatihan, Electronic Modul, Software Super Decision, Digital Book ANP karya Thomas L. Saaty, Diskon 10% Konsultasi di SMART-Consulting.

CONTACT PERSON & PENDAFTARAN:
Devi : 085719411833 
Rusydi : 087770574884
Nila : 085222426244

No comments:

Post a Comment