Sunday, January 29, 2012

Digital Library SMART


PENDAHULUAN

Perkembangan industry ekonomi dan keuangan syariah yang pesat saat ini, selalu menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan. Pada tataran global, beberapa negara seperti Malaysia, Bahrain, Pakistan, Iran, UEA, dan Turki sudah banyak mengaplikasikan konsep ekonomi Islam pada area praktis. Keberadaan industry perbankan Islam, pasar modal, asuransi syariah, dan lain sebagainya menjadi salah satu bukti sahih. Tidak terkecuali di Indonesia.

Ekonomi syariah di Indonesia dapat diwakili dengan tumbuh pesatnya perbankan syariah. Begitu juga asuransi, hingga keberadaan lembaga mikro syariah seperti Baitul Maal dan Tamwil (BMT). Meskipun share industri keuangan syariah masih relative kecil disbanding industry keuangan konvensional, nampaknya kian hari kian menunjukkan tanda positif dan menggembirakan.  

Yang tidak kalah penting dari itu, perkembangan ekonomi syariah di tataran praktik harus pula diimbangi dengan pengembangannya pada sisi teori. Ekonomi Islam bukan hanya perlu ditransformasikan ke dalam tataran praktis-implementatif tetapi harus pula diiringi dengan perkembangan di sisi akademis-teoretis. Keduanya mesti berjalan beriringan.

Berpijak dari argumentasi di atas, kami SMART Consulting menawarkan kerjasama dengan pihak manapun dalam pengadaan perpustakaan digital (digital library) ekonomi dan keuangan syariah yang kami beri nama DIGITAL LIBRARY Sharia economic and finAnce References Tool (SMART).

MAKSUD DAN TUJUAN

DIGITAL LIBRARY Sharia economic and finAnce References Tool (SMART) ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh ihwal ekonomi dan keuangan  syariah  dengan lebih simple dan mudah melalui penyediaan database literatur.
Harapan kami adalah:
1)      1) Memudahkan pengguna dalam pencarian literature dan bahan-bahan referensi Ekonomi-Keuangan Syariah
2)      2) Menyediakan pengguna database dengan konten yang lengkap berisi elektronik Book, paper, jurnal ilmiah, artikel, dan literature lain.
3)      3) Ikut menyebarluaskan kebenaran nilai ekonomi syariah sehingga masyarakat awam terdorong dan sadar untuk berekonomi dan berkeuangan yang Islami.

KONTEN

DIGITAL LIBRARY SMART ini terdiri dari e-book, paper-paper ilmiah, jurnal, hasil-hasil skripsi-thesis-disertasi, serta artikel-artikel yang bertema ekonomi-keuangan syariah dan ekonomi. Kontennya mencakup:
1)      1) E-Book Ekonomi-Keuangan-Bisnis Syariah dan Ekonomi sejumlah +/- 250 judul,
2)      2) Paper-paper ekonomi-keuangan syariah eksklusif sejumlah +/- 2000 judul,
3)      3) Ribuan artikel, jurnal, dan skripsi-tesis bertema ekonomi syariah.

Adapun para pakar ekonomi Islam dunia yang menjadi sumber tulisan ini adalah: Umer Chapra, Muhammad Nejatullah Siddiqi, Muhammad Anas Zarqa, Muhammad Abdul Mannan, Munawar Iqbal, Masudul Alam Choudhury, Mabud Ali Al-Jarhi, Asad Zaman, Zubair Hasan, Sudin Haron, Salman Syed Ali, Habib Ahmed, Abdul Azim Islahi, Monzer Kahf, M.M. Metwally, Tariqullah Khan, Aslam Haneef, V. Sundararajan, Kabir Hasan, Mohamed Ariff, M. Azmi Othman, Mohammed Obaidullah, Hylmun Izhar, Abdul Ghafar Ismail, Ahmad Kameel Mydin Meera, Asyraf Wajdi Dusuki, Edib Smolo, M. Akhyar Adnan, Saiful Azhar Rosly, Rodney Shakespeare, Humayon Dar, dan yang lainnya.

Sementara para pakar dalam negeri, antara lain memuat tulisan: Muhammad Syafi’i Antonio, Adiwarman Azwar Karim, Ascarya, Munrohim Misanam, Masyhudi Muqorobin, Sofyan Syafri Harahap, Mustafa Edwin Nasution, Priyonggo Suseno, Iggi H. Achsien, Heri Sudarsono, MB Hendrie Anto, Dadang Muljawan, Ali Sakti, Aam Slamet Rusydiana, Rahmatina A.Kasri, Agustianto, Harisman, Sigit Pramono, Dodik Siswantoro, Yulizar D. Sanrego, Dianan Yumanita, Raditya Sukmana, dan yang lainnya.

PENGGUNA

DIGITAL LIBRARY SMART sangat cocok digunakan oleh:
1)      1) Industri Perbankan Syariah dan Konvensional terutama divisi Research and Development
2)      2) Lembaga Riset dan Konsultan Ekonomi dan Ekonomi Syariah
3)   3)Institusi Pendidikan setaraf Universitas, Sekolah Tinggi dan lainnya yang memiliki fakultas/program studi/konsentrasi ekonomi maupun ekonomi syariah.

PENUTUP

DIGITAL LIBRARY SMART ini adalah salah satu media untuk mempermudah sosialisasi kebenaran konsep ekonomi, keuangan, dan bisnis syariah, melalui kekayaan literatur. Kami berharap, semakin banyak media ini tersebar, akan berkontribusi positif terhadap perkembangan ekonomi syariah secara umum di Indonesia.  

KONTAK
SMART CONSULTING. Office: Perumahan Mutiara Bogor Raya Blok G4 No 3, Katulampa BOGOR
087770574884 (Aam)
085719411833 (Devi)





No comments:

Post a Comment